Jumat, 28 Februari 2014

3 Bagian Tubuh Rawan Cedera 

3 Bagian Tubuh Rawan Cedera
Image by : Feminagroup
Anda pasti selalu disarankan untuk memulai olahraga dengan melakukan pemanasan dan peregangan. Meski demikian nyatanya masih banyak yang menganggap sepele saran itu. Padahal pemanasan dan peregangan dilakukan untuk meminimalkan potensi cedera pada bagian tubuh Anda. 


Seperti layaknya mobil, yang butuh dipanaskan terlebih dahulu, sebelum dikendarai, tubuh pun demikian. Tubuh juga memerlukan adaptasi terlebih sebelum digunakan untuk aktivitas berat. Asal Anda tahu, beberapa bagian di tubuh kita rawan sekali mengalami cedera, lho.

Leher
Banyak yang melewatkan peregangan dan latihan pada leher karena menganggap leher tidak begitu dibutuhkan saat berolah raga. padahal, leher  yang tegang dan tidak fleksibel bisa mengakibatkan nyeri otot.  Coba rasakan bagian tengkuk Anda saat berbaring dan mengangkat beban. Bagian tersebut terasa tegang, bukan?

Bahu

Bagian otot bahu ternyata merupakan bagian otot tubuh yang sering mengalami cedera, lho.  Cedera ini rata-rata terjadi saat berolah raga tenis, angkat beban, dan berenang. Salah satu penyebabnya adalah karena gerakan yang salah di daerah bahu sehingga berakibat pada tendon.  Akibatnya bahu akan terasa kaku, nyeri, terkilir bahkan tulang di sekitar bahu bisa retak. 

Engkel
Bagian ini paling sering menyerang pemain bola dan orang-orang yang melakukan olahraga kardio. Sebenarnya saat engkel mengalami sakit, yang mengalami cedera adalah bagian ligament dalam sendi engkel. Bagian ini bersifat elastic yang terletak diantara pertemuan tulang. Sayangnya bneberapa gerakan kaki yang salah bisa memberikan tekanan berlebih pada sendi tersebut yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri.

Cedera pada bagian tubuh masih bisa dicegah. Caranya adalah rajin dan disiplin melakukan pemanasan dan peregangan sebelum berolah raga.  Hal lain yang tidak kalah penting adalah melakukan gerakan yang benar. (Wiko Rahardjo)

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates