Jumat, 28 Februari 2014

3 Tip Hindari Overheating Saat Berolahraga 

3 Tip Hindari Overheating Saat Berolahraga
Image by : Dok. Feminagroup
Demi membakar kalori dalam tubuh, tak sedikit yang berlatih kardio dengan keras. Hindarioverheating dan dehidrasi.


Overheating adalah suatu kondisi ketika suhu tubuh Anda memanas selama berolahraga. Kondisi itu biasanya terjadi ketika Anda melakukan olahraga kardio, seperti berlari, bersepeda, berjalan cepat atau olahraga permainan. Saat melakukan kardio, tubuh Anda melakukan pembakaran kalori. Sebagian hasil pembakaran tersebut menjadi energi, dan sebagian lain meningkatkan suhu tubuh.

Untung tubuh kita memiliki sistem alami yang menjaga agar kondisi tubuh tetap stabil. Ketika terjadi peningkatan suhu, maka tubuh mengeluarkan keringat yang menyerap suhu panas tersebut. Semakin tinggi intensitas kardio yang Anda lakukan, maka semakin deras keringat yang keluar dari tubuh Anda.

Semakin banyak keringat yang keluar dari tubuh Anda, maka tubuh Anda semakin rentan mengalami dehidrasi (kehilangan cairan). Kondisi dehidrasi itulah yang memberikan efek buruk bagi kesehatan, jika tidak segera ditangani. Dehidrasi bisa melepaskan hormon stres serta mengganggu suplai oksigen di tubuh Anda. Akibatnya, Anda akan kehilangan energi dengan cepat. Dalam kondisi parah, dehidrasi juga bisa membuat Anda pusing dan kehilangan keseimbangan tubuh.

Agar terhindar dari overheating dan dehidrasi saat berlatih kardio, coba lakukan tip berikut:

Kira-kira 20-30 menit sebelum berlatih kardio sebaiknya mengonsumsi air putih sebanyak  400-600 mililiter (ml).  Cara itu untuk menjaga cairan dalam tubuh Anda tetap stabil, meski saat berlatih mengeluarkan banyak keringat.

Tetap konsumsi air putih saat berlatih. Sebuah penelitian menyebutkan, menjaga asupan air saat berlatih bisa menghindari peningkatan suhu tubuh.

Setelah berlatih
, tentunya Anda juga harus banyak minum air putih agar cairan di dalam tubuh Anda tetap stabil.

Untuk mengetahui seberapa banyak cairan yang keluar saat berlatih, Anda bisa menyiasati dengan menimbang berat badan sebelum dan sesudah berlatih, lalu lihat perbedaan angkanya. (Wiko Rahardjo)

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates